Bagaimana mengolah Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua) Nikmat

Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua). "Cita rasa ini sengaja dihadirkan agar makan sagu bakar tra (tidak) bosan. Mengenalkan makanan khas Papua ke luar daerah asalnya itu harus ikut dorang (mereka) pu (punya) lidah. Macam orang Jawa, suka makanan yang manis-manis.

Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua) Ulat sagu adalah kuliner yang kamu bisa. KOTA JAYAPURA – Masyarakat Papua biasa menikmatinya sebagai menu sarapan atau teman untuk menikmati Kopi atau Teh di sore hari. Sagu Bakar sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti parutan kelapa, dan garam atau diberi gula merah di tengahnya. kamu bisa belajar membuat Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua) menggunakan 4 bahan dan 11 langkah. ini cara Kita membuat.

Berikut bahan Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua)

  1. menyiapkan 1/2 kg Tepung sagu asli Khusus untuk sagu bakar yg warna merah (tepung sagu ini sebelumnya saya sudah jemur beberapa hari hingga kering dan sudah saya tapis).
  2. menyiapkan 3 buah Kelapa setengah tua ambil dagingnya dja boleh di keruk pakai sendok atau pengerok kelapa (jgn trllu tua dan jangan di parut pakai mesin parut kelapa).
  3. kamu butuh secukupnya Air.
  4. berikut secukupnya Tempurung kelapa(boleh di bungkus pakai daun pisang).

HOT SALE Sagu bakar keping khas papua / maluku untuk bubur Terjamin. Yaps, campuran ekstrak jagung bakar menjadi bumbu khas Sorong Papua yang menjadikan setiap olahannya memiliki cita rasa serta aroma khas. Ke Papua rasanya belum lengkap jika Anda belum menikmati sajian manis satu ini. Dengan bahan pokok yang sudah menjadi ciri khas dari Papua, bubur dengan campuran gula jawa ini terasa.

berikut langkah cara membuat Sagu Seb (Sagu Bakar khas Papua)

  1. Ambil satu wadah masukkan semua kelapa yg sudah di kerok Ke dalam wadah tersebut.
  2. Kemudian taburi kelapa dengan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk2 sampai merata dan tepung sagu habis.
  3. Untuk adonan sagu ini, adonannya tidak cair dan tidak boleh di tambah air kecuali kelapa dengan tepung tidak menempel. Klaupun di tambah air, cukup di percikkan saja ke dlam adonan..
  4. Tekstur adonannya nnti akan seperti adonan membuat pie susu Yg bergerindil2 gtu ya bun….
  5. Bungkus adonan dgn daun pisang atau tata di dlm tempurung kelapa lalu masukkan ke dalam baru batu yg sebelumnya batu sudah di bakar 😁.
  6. Tutup dengan daun pisang kemudian di tmbah tutup dengan batu2 panas di atasnya..
  7. Tggu sampai 1-1'30 jm baru di angkat.
  8. Siap.
  9. Note: klomau di kukus, lapisi kukusan dgn daun pisang setelah air kukusan mendidih msukkan adonan sagu ke dalam. Masak sampai sagu matang/berubah warna merah bening dan terlihat kenyal 😇😇.
  10. Sagu ini biasa kita makan dengan ikan bakar + sambal colo colo khas papua 😁.
  11. Tapi jika tdak ingin mkn dgn ikan jgk tdk mslh. Tetap enak dan rasanya alami + unik 😘😘.

Sagu bakar, sagu lempeng, dan sagu bola, menjadi sajian yang paling banyak dikenal di Papua, khususnya dalam tradisi kuliner masyarakat adat di Kabupaten Mapi, Asmat, hingga Mimika. Selain itu, papeda juga bisa dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol, ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Makanan Khas Papua – Selain memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, maka santapan serta oleh-oleh dari tanah Papua tidak kalah mengagumkan. Makanan pokok masyarakat Papua yaitu sagu, jadi hampir semua sajian yang ada di sana pasti menggunakan bahan tersebut. CO, Kota Jayapura – Sagu bakar banyak ditemui di Kota Ambon, Maluku, namum untuk bisa menikmati kuliner serba sagu ini juga ada di Kota Jayapura, Papua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*