Bagaimana memasak Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing) Nikmat

Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing). Terimakasih sudah menyaksikan lagu-lagu melayu DI chanel kami. Mohon bantuannya DI subscriber, agar kita tetap bisa eksis menyebarkan lagu-lagu melayu. Nasi lemak yang banyak terkenal di Kepulauan Riau mendapat pengaruh dari lauk pauk yang dihidangkan pada nasi lemak tersebut.

Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing) Untuk pulut kucung srikayanya pun, ini jadi makanan tradisional yang saya suka, karena masih jarang dipasaran. Oh ya, kadang saya suka lupa diri kalau udah ketemu pulut kucung srikaya ini. Kalau bisa pesan srikayanya saja, mungkin sudah saya pesan. Kita bisa belajar memasak Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing) menggunakan 5 bahan dan 12 langkah. ini cara Kita memasak.

Berikut bahan Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing)

  1. kamu butuh 500 gram beras ketan putih.
  2. menyiapkan 1 siung bawang merah ukuran sedang.
  3. menyiapkan 4 sdt garam (sesuai selera).
  4. kamu butuh 1 buah kelapa yang sudah di parut/ santan kental secukupnya.
  5. kamu butuh 2 pelepah daun pisang yang muda.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejarah masa lalu kepulaun riau. Makanan khas Melayu Riau gulai tempoyak adalah makanan yang hanya terdapat di tanah Melayu. Campuran bumbu rempah yang dicampur dengan ikan nila dan tidak lupa dengan tempoyak akan menjadi cita rasa yang sangat enak. Tempoyak adalah durian yang sudah difermentasi terlebih dahulu.

berikut langkah cara mengolah Pulut kucung, khas melayu riau (kuansing)

  1. Bersihkan beras ketan dengan mencucinya 3 kali, setelah itu di diamkan semalaman dengan air 1 ruas jari dari beras, setelah didiamkan dicuci lagi sampai bersih.
  2. Pilih daun pisang yang masih muda supaya lebih mudah dibentuk, setelah itu layurkan dengan api kompor sebentar jangan sampai gosong, sampai layu sedikit saja.
  3. Bersihkan daun pisang dengan lap kain yang bersih.
  4. Kelapa yang sudah di parut di peras dan di saring diambil santannya/ santan yang sudah jadi boleh juga.
  5. Tiriskan beras yang direndam semalaman, masukkan perasan santan secukupnya.
  6. PotongĀ² bawang merah hingga halus.
  7. Masukkan bawang merah ke dalam beras ketan dan santan, masukkan garam secukupnya, dirasa dulu sesuai dengan lidah masingĀ².
  8. Potong daun pisang menjadi beberapa bagian lebih baik menggunakan daun pisang yang lebar, taruh dimangkuk agar mudah dibentuk.
  9. Tuang beras dengan perbandingan 1:2, 1 sdm beras ketan, 2 sdm santannya.
  10. Ini sesuai bentuk daunnya, kalau lebar makin besar muat beras ketannya, kalau kecil tinggal dikurang saja takarannya.
  11. Ikat dengan menggunakan tali plastik (pastikan benar2 bersih), dikukus dengan menggunakan api sedang sekitar 30 menit, di cek kalau sudah matang.
  12. Teman makannya bisa dengan durian/ sarikaya/ kolak/ pisang goreng, selamat mencoba?.

Berbagai atraksi budaya Melayu khas Kuansing disajikan. Sombah Carano adalah tarian untuk menyambut tamu. Yaitu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Bupati Kuantan H Mursini, juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty. Baju melayu riau Kebaya laboh Baju kurung tulang belut Kebaya laboh cekak musang Baju kurung teluk belanga Baju kurung cekak musang Baju kurung teluk Baju monyet Baju Belah Kebaya Panjang Baju Melayu Cekak Musang Baju Teluk Belanga Baju Kurung. Lemang dan tapai pulut asal Inhil dibuat satu hari sebelum lebaran dan ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat Inhil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*